Rabu, 20 Februari 2019

SDN Putat Gede I-Tunas Hijau Buat Pengusir Nyamuk Alami



Untuk mencegah demam berdarah, SDN Putat Gede I/94 bersama Tunas Hijau menggalakkan sistem kebersihan 3.0, Rabu (20/02/2019). Salah satunya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami untuk membuat alat pengusir nyamuk di kelas. Bahan alami digunakan karena murah dan mudah didapat serta pembuatannya.
Hal ini dilakukan karena nyamuk demam berdarah relatif melakukan "Tugas Dinasnya" di pagi hari. Alat pengusir nyamuk yang dibuat ini diletakan di ruangan, terutama di titik-titik yang terindikasi menjadi tempat hinggap nyamuk.
Bahan yang digunakan untuk membuat pengusir nyamuk alami ini, antara lain jeruk nipis, sereh, kencur dan pisau. Cara pembuatannya pun sangat mudah. Mula-mula potong jeruk nipis secara melintang menjadi dua. Selanjutnya siapkan sereh dan cuci bersih. Kupas batang sereh dari daunnya yang kering. setelah itu potong sereh secara diagonal sepanjang 5-7 cm.
Langkah berikutnya, tancapkan sereh kebagian jeruk nipis. Sedangkan untuk jeruk satunya ditancapkan kencur yang sebelumnya diberi perlakuan seperti sereh tadi. Dan pengusir nyamuk alami siap dipakai.
Letakkan potongan jeruk ini di kelas terutama di pojok, bawah lemari atau bagian kelas yang digunakan nyamuk bersarang. Selain sebagai pengusir nyamuk, potongan jeruk ini juga bisa sebagai aroma terapi di kelas. Bisa lebih hemat pewangi ruangan.

YoutubeInstagramEmail