Selasa, 31 Januari 2023

Tekno Agrobisnis School

 SDN Putat Gede I/94 memulai program kegiatan tambahan baru yakni tekno agrobisnis school  dengan tujuan membekali peserta didik keterampilan dibidang pertanian dan bisnis. progam ini dilaksanakan per kelas dari dengan pembagian menjadi beberpa devisi. kegiatan ini juga bertujuan menghijaukan lingkungan sekolah setelah vakum selama masa pandemi. pembagian kegiatan sebagai berikut:

1. Kelas 1 menanam sawi.

Penanaman sawi pada polibag yang diletakkan pada depan kelas, siswa kelas 1 dan guru bertanggung jawab merawat tanaman tersebut secara terjadwal agar tanaman dapat tumbuh maksimal  rencananya saat panen akan dijual pada wali siswa. Sawi dipilih karena mudah dalam pemeliharaan dan cepat dipanen, sehingga dapat mengajarkan budaya makan sayur sejak dini. Siswa kelas 1 bersemangat mengikuti penanaman, hal ini terlihat dari keceriaan wajah mereka. Sayuran yang kerap diolah sebagai tumisan ini ternyata memiliki kandungan gizi yang tinggi. Bahkan, sawi hijau juga dikenal sebagai sayuran super karena kandungan serat, mineral, vitamin, dan fitonutrien yang ada di dalamnya.


2. Kelas 2 menanam kangkung

Penanaman kangkung dilaksanakan bersama wali kelas dengan menggunakan polibag, yang diletakan depan kelas, hal ini bertujuan untuk memudahkan perawatan yang dilakukan oleh siswa secara bergilir. kangkung dipilih kerena perawan yang mudah dan cepat panen, selain untuk melatih keterampilan bertanam kegiatan dapat menambah keindahan teras kelas menjadi lebih asri.
Kangkung siap dipanen sekitar 45-50 hari setelah pembibitan. Untuk memanen kangkung pilihlah tunas teratas, sisakan sekitar 2 inchi dari batang bawah untuk mendorong pertumbuhan kangkung baru yang bisa dipanen lagi nanti. Panen kangkung sebelum mekar lagi sehingga bisa mendapatkan kualitas kangkung yang baik. Daun kangkung memiliki banyak vitamin dan mineral. Selain itu kangkung adalah sumber serat, protein, kalsium, dan vitamin A & C yang sangat baik untuk kesehatan.






3.Kelas 3 menanam tomat dan cabai








Penanaman tomat dan cabai untuk siswa kelas 3 dilaksanakan di samping mushola karena lokasi kelas 3 yang ada di lantai 2 sehingga tidak memungkinkan untuk menanam di depan kelas. Media tanam yang digunakan pada tanah yang dletakkan pada polibag, metode ini memiliki keunggulan dibanding metode tanam yang lain karena lebih murah dan mudah dalam perawatan. Tanaman tomat dan cabai dengan masa tanam 60-65 hari akan lebih menguntungkan dan bisa diganti tanaman yang baru. samping mushola yang kosong akan lebih asri dengan tanaman tersebut. kegiatan menanam dilakukan oleh semua siswa beserta guru kelas. 
Tomat banyak mengandung likopen, Likopen adalah antioksidan yang bisa melindungi sel-sel dalam tubuhmu dari oksidasi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi likopen memiliki risiko lebih rendah mengalami penyakit jantung, diabetes dan stroke.Likopen juga bisa berperan dalam menurunkan kadar kolesterol “jahat,” serta tekanan darahmu. Akibatnya, peluang Anda terkena penyakit jantung juga bisa berkurang.Selain itu, tomat juga kaya akan vitamin dan nutrisi lain, seperti vitamin B, E dan flavonoid yang bisa meningkatkan kesehatan jantungmu.

4. Kelas 4 memelihara mentok

Mentok yang dipelihara ini sudah melalui riset panjang oleh Bpk Gunawan Efendy, sebelum diluncurkan beliau sudah triall and eror secara pribadi sejak masa pandemi. Setelah ditemukan komposisi yang pas baru program ini diluncurkan, bahkan sbelumya sudah beberapa kali panen. Mentok yang dipelihara jenis jumbo sebagai indukan cukup mudah dalam pemeliharaan karena lingkungan belakang sekolah yang masih ada sisa lahan untuk meletakkan kandang mungilnya. Perawatan dilakukan oleh siswa 4 a dan b dengan pendamping guru kelas masing masing.

5. Kelas 5 memelihara ikan lele dan mujaer










Lele dan mujaer dipelihara pada kolam yang ada di belakang sekolah, ikan lele dan mujaer dipilih karena mudah dipelihara dengan pakan yang mudah didapat. Siswa kelas 5 secara terjadwal memberikan makan dan memeriksa kondisi air kolam, sehingga ikan dapat berkembang dengan baik. Ikan mujair merupakan sumber protein dan mengandung berbagai mineral penting lainnya. Beberapa manfaat ikan mujair yaitu mencegah kanker, meningkatkan kesehatan jantung, dan memperkuat tulang.

6. kelas 6 menanam singkong

Kelas 6 menanam singkong di halaman sekolah, singkong dipilih karena bebas hama dan mudah perawatan, cukup penyiraman saat masih kecil. Siswa dan guru kelas yang bertugas merawat singkong yang ditanam sampai masa panen secara terjadwal. Singkong mengandung vitamin C yang dikenal sebagai zat penting dalam pembentukan kolagen. Kolagen sendiri berfungsi untuk mempertahankan elastisitas kulit.Sayangnya, tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin C sendiri. Maka dari itu, tubuh memerlukan asupannya dari makanan dengan vitamin C. Singkong bisa menjadi pilihan yang bisa Anda konsumsi untuk bantu memenuhi kebutuhannya.






YoutubeInstagramEmail