Jumat, 31 Maret 2023

Pondok Ramadhan 1444H

Kegiatan pondok ramadhan SDN Putat Gede I/94 Surabaya dilaksanakan pada 29-31 Maret 2023 secara bergelombang mengingat keterbatasan tempat. Rabu, 29 maret dengan peserta kelas 1 dan 2, bertempat di Mushola Darrul Ulum SDN Putat Gede I, kegiatan ini dimulai pukul 07.00 sampai pukul 11.00, diawali dengan sholat duha berjamaah dengan imam pak Agit hartanto, S.Pd.I selaku guru agama. kegiatan selanjutnya yakni materi untuk memperdalam pengetahuan agama Islam, yakni kewajiban berpuasa, dan thoharoh. Penyampaian materi dilakukan dengan variasi, selain ceramah juga menyimak video dan kuis. Kegiatan diakhiri dengan sholawat yang dipimpin Bapak Atim, S.Pd. 

Pondok ramadhan hari kedua dengan peserta kelas 3 dan 4 diawali dengan sholat duha berjamaah, siswa putra berada di dalam mushola sedangkan siswa putri di teras sampai halaman yang diperluas seadanya dengan atap sementara menggunakan terpal, meski demikian tidak menghalangi semangat anak-anak untuk belajar memperdalam pengetahuan Agama Islam. Materi hari ke dua dibuka dengan kisah teladan, untuk meningkatkan akhalak terpuji siswa yang disampaikan oleh bapak Agit hartanto, S.Pd.I. Bapak Soedjono, S.Pd, M.Pd selaku kepala sekolah memberikan materi penghuni surga dan neraka. kegiatan ini di jeda dengan istirahat selama 30 menit dilanjutkan materi terakhir tentang rukun islam dan kewajiban berpuasa dari Bapak Thoha,S.Pd.I selaku guru Agama Islam, kegaiatan diakhiri dengan doa sekitar pukul 11.00 siswa pulang.

Hari ketiga kegiatan pondok Ramadhan dengan peserta kelas 5 dan 6, diawali dengan sholat duha berjamaah dengan Imam Bapak Agit dilanjutkan materi kewajiban berpuasa oleh Bapak Agus Suprapto, S.Pd, penyampaian materi secara bervariasai dengan Power point dan kuis agar siswa tidak bosan. kegiatan di jeda istirahat selama 30 menit dilanjutkan materi tentang Narkoba dari Bapak Soedjono, S.Pd, M.Pd, Siswa begitu antusias menyimak materi yang disampaikan melalui video. Kegiatan berakhir sekitar pukul 11.00. Pondok ramadhan hari terakhir ini dilaksanakan secara istimewa yakni dengan buka puasa bersama siswa kelas 5 dan 6. Teknik pelaksanaannya siswa kembali lagi ke sekolah dengan membawa bekal buka puasa sekitar pukul 16.00 selanjutnya membaca surah pendek hingga waktu buka puasa tiba. Selesai membatalkan puasa semua siswa mengikuti sholat magrib berjamaah, dilanjutkan makan buka puasa. Kegiatan ini diakhiri dengan sholat isak dan dilanjutkan trawih berjamaah di mushola, tepat pukul 20.00 siswa pulang.



YoutubeInstagramEmail