Sabtu, 28 Maret 2020

Sosialisasi Penanggulangan Covid 19


Berikut informasi yang kami himpun dari wikipedia .org tentang corona. Pandemi koronavirus 2019-2020 adalah pandemi penyakit coronavirus yang sedang berlangsung tahun 2019 (COVID-19), yang disebabkan oleh sindrom pernafasan akut akut coronavirus 2 (SARS-CoV-2). Wabah ini pertama kali diidentifikasi di Wuhan , Hubei, Cina , pada Desember 2019, dan diakui sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 11 Maret. Upaya untuk mencegah penyebaran virus termasuk pembatasan perjalanan , karantina , jam malam , pengendalian bahaya di tempat kerja , penundaan dan pembatalan acara, dan penutupan fasilitas. Ini termasuk karantina pertama dari Hubei , karantina nasional atau regional di mana saja di dunia, tindakan jam malam di Cina dan Korea Selatan , berbagai penutupan perbatasan atau pembatasan penumpang yang masuk, pemutaran di bandara dan stasiun kereta api, dan larangan perjalanan penumpang yang keluar. Sekolah dan universitas telah ditutup baik secara nasional atau lokal di lebih dari 124 negara, yang memengaruhi lebih dari 1,2 miliar siswa.

Virus ini terutama menyebar selama kontak dekat dan melalui tetesan pernapasan yang dikeluarkan ketika orang batuk atau bersin. Tetesan pernapasan mungkin dihasilkan saat bernafas tetapi virus tidak dianggap mengudara .Orang juga dapat menangkap COVID-19 dengan menyentuh permukaan yang terkontaminasi dan kemudian wajah mereka. Penyakit ini paling menular saat orang bergejala, meskipun penyebaran mungkin terjadi sebelum gejala muncul. Waktu antara paparan dan onset gejala biasanya sekitar lima hari, tetapi dapat berkisar dari 2 hingga 14 hari. Gejala umum termasuk demam, batuk, dan sesak napas . Komplikasi mungkin termasuk pneumonia dan sindrom gangguan pernapasan akut . Tidak ada vaksin yang diketahui atau pengobatan antivirus khusus. Pengobatan primer adalah terapi simtomatik dan suportif . Tindakan pencegahan yang disarankan termasuk mencuci tangan, menutup mulut saat batuk, menjaga jarak dari orang lain , dan memantau dan mengisolasi diri bagi orang yang mencurigai mereka terinfeksi.

Pandemi telah menyebabkan gangguan sosial ekonomi global yang parah, penundaan atau pembatalan acara olahraga, agama, dan budaya ,dan kekhawatiran yang meluas akan kekurangan pasokan yang telah mendorong pembelian panik .Teori informasi dan konspirasi yang keliru tentang virus telah menyebar secara online, dan telah terjadi insiden xenofobia dan rasisme terhadap orang-orang Cina dan orang-orang Asia Timur dan Tenggara lainnya. oleh karena itu SDN Putat Gede I/94 pada hari Jumat 13 Maret 2020, mengadakan kegiatan sosialisasi cara menanggulangi Covid 19 dengan cuci tangan. Kegiatan cuci tangan dipimpin langsung oleh dr. Yunita dari Puskesmas Tanjungsari di ikuti oleh seluruh warga sekolah. Kegiatan ini diawali dengan senam bersama, selanjutnya pukul 08.00 kegiatan peragaan cuci tangan oleh siswa dan guru. Cuaca cerah tidak menyurutkan antusias siswa dalam mengikuti kegiatan itu.

YoutubeInstagramEmail