Jumat, 24 November 2023

Lomba Tingkat I (Perkemahan Jumat-Sabtu 24-25 November 2023)

Perkemahan Jumat-Sabtu sekaligus lomba tingkat I pangkalan 20.033-20.034 SDN Putat Gede I/94 Surabaya. Jumat 24 November 2023 pukul 15.00wib, Kak Soedjono, S.Pd, M.Pd selaku Kamabigus membuka kegiatan ini. Meski dimulai pukul 15.00 siswa sudah lebih awal mempersiapkan tenda dan perlengkapan untuk berkemah selama sehari semalam. Beliau menyampaikan amanat bahwa pramuka harus bisa mengamalkan dasa darma agar menjadi orang yang bermanfaat dan dihargai orang lain, beliau juga menyampaikan pepatah jawa "ajining diri ana ing lati, ajining raga ana ing busana, ajining awak ana ing tumindak" Harga diri seseorang ditentukan oleh perkataan, harga diri badan tergantung dari pakaian yang sopan, nilai seseorang ditentukan dari tindakan. 

Kegiatan selanjutnya penjelajahan, tepat pukul 15.30 seluruh siswa bersiap, kak hafid selaku pembina memberikan arahan pada semua regu, tentang rute penjelajahan yang akan dilewati dan tantangan yang harus dipecahkan. penjelajahan kali ini terbagi menjadi 4 pos, 2 pos di sekolah dan 2 pos di luar sekolah. Setiap regu mengikuti tanda panah yang mengantarkan mereka pada pos 3 disana mereka mendapat tugas yang harus menyebutkan nama benda. selanjutnya menuju pos 4 dengan tantangan membuat tandu, hal ini merupakan tantangan yang cukup memakan waktu lama, hingga terjadi penumpukan. setelah pukul 17.30 seluruh regu selesai dan kembali ke sekolah untuk persiapan mandi dan sholat magrib.


Kegiatan api Unggun, kegiatan ini merupakan kegiatan yang paling ditunggu tunggu dan menjadi pengalaman yang menarik, tentu saja dalam kegiatan api unggun yang dimulai pukul 20.30 wib. Upacara penyalaan api unggun dipimpin oleh kak Yudi, selaku pembina. Setelah menyala disambut oleh tepuk tangan meriah disertai kembang api yang dinyalakan oleh wali murid yang menyaksikan dari luar pagar sekolah. 
acara selanjutnya adalah lomba unjuk kreatifitas dari setiap regu menampilkan 
Kreatifitas yang ditampilkan masing-masing regu beragam, diantaranya, tari tradisional, tembang dolanan, tari kreasi hingga jaranan. kegiatan berakhir sekitar pukul 23.00wib.





        
Sabtu pukul 04.00 kegiatan diawali dengan sholat subuh berjamaah, yang dipimpin oleh Ustad Agit, pada kesempatan ini pak Jono, selaku kamabigus juga memberikan kultum tentang pentingnya sholah 5 waktu bagi seorang muslim.  Kegiatan selanjutnya seluruh penggalang mengikuti senam pagi kurang lebih sekitar 30 menit. Setelah senam pagi kegiatan yang menarik ialah lomba memasak, seluruh regu berkumpul di lapangan basket untuk membuat menu masakan dengan waktu 60 menit. Pukul 8.00 seluruh regu mengikuti fashion show dengan baju daur ulang. 
Sekitar pukul 9.30 upacara penutupan dan pengumuman regu tergiat. 



YoutubeInstagramEmail